September 20, 2024

Dunia Otomotif – Kawasaki Motor Indonesia (KMI) baru saja meluncurkan edisi khusus Ninja ZX-25RR 40th Anniversary pada Kamis (8/8) melalui platform media sosial mereka. Motor ini menjadi tambahan eksklusif dalam jajaran Ninja yang berbalut livery spesial. Sama seperti varian 40th Anniversary lainnya, ZX-25RR ini hadir dengan tiga warna ikonik, yaitu Lime Green, Pearl Crystal White, dan Blue. Diproduksi dalam jumlah terbatas, motor ini dibanderol dengan harga Rp138 juta OTR Jakarta.

“Banyaknya permintaan dari para pecinta Kawasaki yang menginginkan Ninja ZX-25RR edisi 40th Anniversary di Indonesia membuat kami akhirnya mewujudkan harapan mereka, meskipun jumlah produksinya terbatas. Kami juga ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pelanggan setia Kawasaki yang selalu mendukung dunia otomotif, khususnya di segmen sportbike,” ujar Michael C. Tanadhi, Dept. Head Sales & Promotion PT KMI dalam keterangan resminya, Kamis (8/8).

Varian ini merupakan model yang paling terjangkau dalam rangkaian Ninja 40th Anniversary. Sebelumnya, KMI telah menghadirkan Ninja ZX-10R, Ninja ZX-6R, dan Ninja ZX-4RR dalam seri yang sama. Keunikan dari seri 40th Anniversary ini adalah livery retro yang terinspirasi dari gaya balap motor era 90-an, sebuah tren yang kembali populer sejak Jonathan Rea menggunakannya di WSBK Mandalika 2021.

Tampilan livery dari Ninja 40th Anniversary ini mengusung desain yang serupa dengan pendahulunya, Kawasaki ZXR750, dengan kombinasi warna Lime Green, Pearl Crystal White, dan Blue. Di bagian fairing samping, logo besar “Kawasaki” dan emblem 40th Anniversary menjadi ciri khas yang menonjol.

Di bagian tangki bensin, terdapat logo 40th Ninja Anniversary yang menyerupai stiker kejuaraan balap tahun 1980-an. Logo berwarna biru dengan latar putih ini ditempatkan dengan proporsi ideal untuk setiap model, menciptakan kesan yang elegan dan klasik.

Rangka dan swingarm dicat perak, mengingatkan pada komponen aluminium yang populer pada era 1980-an hingga 1990-an. Khusus untuk ZX-25RR dan ZX-4RR, tabung front fork berwarna hitam, berbeda dengan Ninja ZX-10R dan ZX-6R yang menggunakan warna emas. Meski begitu, semua varian tetap mempertahankan warna Lime Green pada roda depan dan belakang.

Secara teknis, ZX-25RR memiliki spesifikasi yang mirip dengan versi ZX-25R, dengan beberapa komponen yang membedakannya. Suspensi depan Ninja ZX-25RR menggunakan sistem upside down dari Showa dengan pengaturan preload di sisi kanan. Sementara suspensi belakang full adjustable memungkinkan pengaturan preload, rebound, dan kompresi sesuai preferensi pengendara. Warna ulir per juga disesuaikan dengan warna bodi, yakni hijau. Komponen frame slider juga telah menjadi bagian dari paket pembelian untuk memberikan perlindungan ekstra.

Motor ini mengandalkan mesin berkapasitas 249,8 cc dengan konfigurasi 4 silinder segaris, DOHC, 16 katup. Mesin tersebut memiliki diameter bore x stroke 50,0 x 31,8 mm, serta rasio kompresi 11,5:1, dan dipasangkan dengan transmisi 6 percepatan.

Tenaga maksimalnya mencapai 49,5 Hp pada 15.500 rpm dengan torsi puncak 22,9 Nm pada putaran 14.500 rpm. Tenaga ini disalurkan ke roda belakang melalui girboks enam percepatan, dan menurut klaim pabrikan, kecepatan maksimal motor ini bisa mencapai 187 kpj. Dengan bantuan sistem ram air, tenaga bisa meningkat hingga 1 PS, terutama saat motor melaju di atas 100 kpj.

Motor ini dilengkapi dengan berbagai fitur canggih. Lampu sudah menggunakan teknologi LED di bagian depan dan belakang. Ada juga Kawasaki Traction Control (KTRC) dengan tiga mode berkendara yang dapat disesuaikan, dan bisa diatur off. Pengendara bisa memilih riding mode seperti Sport, Road, Rain, serta Rider mode yang dapat disesuaikan dengan gaya berkendara dan kondisi jalan. Untuk Rider mode, power dan KTRC bisa diatur sesuai keinginan, dengan pilihan mode full atau low, di mana mode low akan mengurangi tenaga sekitar 35 persen dari mode full. Selain itu, terdapat KQS (Kawasaki Quick Shifter) yang tidak hanya untuk upshifts, tetapi juga untuk downshifts, dan mulai berfungsi di atas 2.500 rpm.

Panel instrumen TFT dengan Circuit mode dan Rideology The App memungkinkan pengendara untuk terhubung dengan motor secara nirkabel. Ninja ZX-25R series menjadi motor sport full fairing 250 cc pertama di Indonesia yang mendukung fitur konektivitas ini.

Pengendara dapat mengakses berbagai informasi kendaraan melalui aplikasi Rideology The App, termasuk odometer, pengukur bahan bakar, dan jadwal perawatan, langsung dari smartphone. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan untuk melihat catatan perjalanan, termasuk rute GPS, posisi gigi, rpm, dan informasi lainnya. Pemberitahuan telepon seperti panggilan dan pesan juga akan ditampilkan di panel instrumen saat motor terhubung dengan smartphone. Pengaturan tampilan instrumen, seperti unit pilihan, jam, dan tanggal, juga bisa diubah melalui aplikasi ini.

Motor ini juga dilengkapi dengan Electronic Throttle Valves (ETV) yang dikontrol oleh high-spec ECU, memungkinkan pengaturan volume bahan bakar dan udara ke mesin, yang memberikan respons mesin yang lebih halus dan optimal. Selain itu, fitur keamanan seperti Immobilizer juga sudah menjadi standar, dengan anak kunci yang dilengkapi chip untuk mencegah motor dinyalakan dengan kunci duplikat.

Konstruksi rangka menggunakan terali dan lengan ayun model banana dari material high-tensile steel. Sistem pengereman menggunakan cakram berdiameter besar dengan kaliper monoblock radial-mount di bagian depan, dan disc belakang yang lebar, memberikan performa pengereman yang sangat baik.

Untuk meningkatkan cengkeraman di jalan, ZX-25RR menggunakan ban radial GPR300 dari Dunlop, yang memberikan keseimbangan dan handling yang gesit. Ban depan berukuran 110/70 dan belakang 150/60.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *