September 20, 2024

Dunia Otomotif – Agus Purwadi, seorang pengamat otomotif dari Institut Teknologi Bandung (ITB), menyatakan bahwa mobil LCGC (Low Cost Green Car) kini sudah tidak lagi berstatus sebagai mobil dengan harga terjangkau. Menurut Agus, mobil-mobil LCGC saat ini telah mengalami peningkatan baik dari segi kapasitas mesin maupun harga jualnya.

“Mobil LCGC sekarang sudah naik kelas. Sudah nggak ‘low cost’ lagi. Iya kan,” ujar Agus kepada wartawan saat ditemui di ajang GIIAS 2024 di ICE-BSD City, Tangerang. “Kapasitas mesinnya kebanyakan sudah di atas 1.000 cc, seperti 1.200 cc. Harganya juga sudah naik,” tegasnya.

Mengulas kembali sejarahnya, program mobil LCGC atau KBH2 (Kendaraan Bermotor Roda Empat yang Hemat Energi dan Harga Terjangkau) pertama kali diluncurkan pada tahun 2013. Program ini menghasilkan beberapa model mobil murah dengan harga di bawah Rp 100 juta.

Menurut catatan, ada empat model LCGC yang debut pada 2013, yaitu Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Suzuki Karimun Wagon R, dan Honda Brio Satya. Saat itu, Agya dijual mulai Rp 99,9 juta, Ayla Rp 76 jutaan, Karimun Wagon R Rp 77 jutaan, dan Brio Satya Rp 106 juta. Pada tahun berikutnya, Datsun juga ikut meramaikan pasar LCGC.

Pada awal kemunculannya, mobil-mobil LCGC ini dipasarkan sebagai city car dengan kapasitas 5 penumpang. Tiga tahun kemudian, hadir model LCGC berkapasitas MPV 7 penumpang atau lebih dikenal dengan konfigurasi 5+2, yakni Daihatsu Sigra dan Toyota Calya yang masing-masing dibanderol mulai Rp 106 juta dan Rp 129 juta.

Jika pada mulanya mobil-mobil LCGC menggunakan mesin 1.000 cc, secara perlahan kapasitas mesin mobil LCGC meningkat menjadi 1.200 cc. Pada 2023, Toyota Agya dan Daihatsu Ayla mulai menawarkan opsi mesin 1.200 cc yang lebih bertenaga.

Tak hanya kapasitas mesin yang meningkat dan desain eksterior yang semakin menarik, mobil-mobil LCGC masa kini juga dilengkapi dengan fitur-fitur modern. Oleh karena itu, tak mengherankan jika harga mobil-mobil LCGC saat ini sudah semakin mahal.

Saat ini, Toyota Agya dipasarkan mulai harga Rp 170 jutaan, sementara Toyota Calya dijual mulai Rp 167 jutaan. Daihatsu Ayla dijual mulai Rp 136 juta dan Daihatsu Sigra mulai Rp 139 juta. Sebagai perbandingan, Honda Brio Satya kini dipasarkan paling murah dengan harga mulai Rp 167,9 juta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *