September 20, 2024

Jakarta – Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono memastikan infrastruktur air di IKN Nusantara telah tersedia. Untuk fasilitas air di IKN akan ditopang sebanyak 15 embung.

Sedangkan untuk fasilitas pada air minum mulai dari instalasi Pengolahan Air (IPA), pipa transmisi, reservoir, pipa distribusi hingga pipa persil/gedung/kantor pemerintahan akan secara bertahap beroperasi 10 Agustus 2024. Debit pengaliran pada tahap awal 150 liter/detik dengan kualitas air minum sesuai dengan standar Internasional.

Basuki memastikan kualitas pada air minum di IKN seperti air minum dalam kemasan. Dengan begitu, masyarakat dapat minum langsung dari keran. Dia juga mengatakan akan minta Sucofindo untuk uji kualitas.

Dalam kesempatan tersebut, Basuki juga memastikan kesiapan infrastruktur IKN menjelang pelaksanaan upacara HUT ke-79 RI. Pertama untuk konektivitas, Menteri Basuki mengatakan akses menuju kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN dari Balikpapan dapat melalui Jalan Tol Balikpapan dapat melalui KM 11 exit gate Karangjoang, kemudian melewati jalan Nasional Akses TPK Kariangau dan Tol IKN fungsional (Seksi 3A-3B – 5A- Jembatan Pulau Bajang Panjang).

Jaringan jalan di dalam KIPP dengan kondisi aspal sepanjang 7 km serta jalan kerja yang telah dipadatkan. Sebagian pada jalan (Sumbu Barat, Sumbu Timur, Feeder Grande, sepanjang 4.510 m) untuk di sekitar tempat upacara siap digunakan untuk melayani ART.

Sementara akses menuju Istana Negara dan Istana Garuda dapat melalui jalan Sumbu Barat, Jalan feeder di Gerbang Istana, Jalan Sumbu Timur, Jalan feeder Lingkar Sepaku, akses tol 6C dan bundaran Sumbu Barat dan Timur. Jalan untuk menuju Istana Negara dan Istana Garuda yang akan fungsional sepanjang 1.260 meter dan semua jalan tersebut telah dengan perkerasan aspal.

Lapangan upacara, Istana Negara, serta podium siap digunakan untuk kegiatan upacara 17 Agustus. Prasarana Istana Negara telah dipersiapkan dan Istana Garuda progresnya juga sudah 95%, saat ini keduanya dalam tahap pemasangan furniture dan ditargetkan semua bersih rapi pada 10 Agustus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *