September 20, 2024

Jakarta – Presiden terpilih Prabowo Subianto dalam tiga kali kesempatan memberikan penegasan perihal komitmennya melanjutkan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Pernyataan pertama disampaikan usai meninjau perkembangan pembangunan IKN bersama Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Saat itu, Prabowo dan Jokowi yang didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno yang berada pada area Grande IKN dan menjawab sejumlah pertanyaan dari Biro Pers Sekretariat Presiden.

Prabowo menyatakan suasana di IKN sangat baik dan mendorong agar pembangunan IKN akan terus dilanjutkan, bahkan jika memungkinkan harus dipercepat. Ketika ditanya perihal kelanjutan pembangunan IKN ke depan, Prabowo menjawab bahwa proyek tersebut akan diselesaikan di dalam masa pemerintahannya. Prabowo menegaskan, pembangunan IKN pasti terus berlanjut di masa pemerintahannya mendatang.

Usai meninjau proses pembangunan IKN di area Grande, Presiden Jokowi mengajak Prabowo menuju area Sumbu Kebangsaan. Di sana, Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan para menteri Kabinet Indonesia Maju telah berkumpul. Presiden Jokowi dan Prabowo bersalaman dengan Wapres Ma’ruf dan para menteri, kemudian memberikan kesempatan kepada wartawan untuk bertanya.

Prabowo kembali menegaskan komitmennya untuk melanjutkan pembangunan IKN usai ditanya wartawan soal seperti apa komitmen melanjutkan pembagunan IKN. Meski begitu, Prabowo juga menyadari bahwa membangun Ibu Kota Negara bukanlah suatu pekerjaan mudah dan cepat. Namun, ia yakin bahwa dalam tiga hingga lima tahun ke depan, IKN bisa berfungsi dengan baik.

Sebagai Presiden RI penerus Jokowi, Prabowo berencana untuk berkantor di IKN dan mematuhi aturan yang menyatakan bahwa Presdien berkedudukan di Ibu Kota Negara. Prabowo juga mengungkapkan bahwa dirinya merupakan salah satu investor dalam pembangunan IKN.

Setelah kegiatan di Sumbu Kebangsaan, Jokowi, Prabowo, dan anggota Kabinet Indonesia Maju lainnya menuju Istana Garuda IKN untuk sidang kabinet paripurna. Dalam kesempatan itu, Prabowo menyampaikan komitmennya untuk melanjutkan dan menyelesaikan pembagunan IKN. Prabowo memuji pencapaian Otorita IKN dan mengungkapkan kebanggaannya kepada nuansa kebudayaan di IKN.

Meski demikian, Prabowo berjanji akan mempercepat pembangunan IKN dan berterima kasih kepada Presiden Jokowi serta para menteri yang telah membantunya mempersiapkan anggaran pendapatan belanja negara (APBN) untuk tahun depan.

Prabowo juga menyebutkan telah menyiapkan pos anggaran besar untuk melanjutkan pembangunan IKN dan memastikan penyelesaian sejumlah hal penting di IKN. Namun demikian, ia tidak meyebutkan rincian besaran anggaran dalam pemaparannya. Prabowo menekankan pentingnya pembangunan gedung-gedung legislatif dan yudikatif di IKN.

Sementara Presiden Jokowi optimis keberlanjutan pembangunan IKN akan terus di kawal oleh Presiden Terpilih Prabowo Subianto. Jokowi juga menjelaskan bahwa ia bersama menteri mengunjungi embung di IKN untuk menikmati udara pagi yang bersih dan menyebutkan indeks kualitas udara di IKN berada di angka 6 dari 50.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *