September 19, 2024

Jakarta – Pemimpin Gereja Katolik Dunia yang juga Kepala Negara Vatikan, Paus Fransiskus meninggalkan Indonesia setelah 4 hari dalam kunjungannya. Paus Fransiskus terbang dari Bandara Soekarno-Hatta yaitu untuk melanjutkan perjalanan apostoliknya ke Papua Nugini.

Paus Fransiskus yang tiba di Bandara Soetta, jumat pagi pukul 10:00 WIB (06/09) diiringi dengan pengawalan. Terlihat mobil Toyota Innova Zenix berwarna putih yang ditumpangi oleh Paus Fransiskus tiba di Terminal VIP. Paus Fransiskus yang disambut antusias oleh warga yang berada di Terminal VIP Bandara Soetta, Paus Fransiskus tampak melambaikan tangannya kepada warga yang berada di lokasi.

Mobil kemudian menuju landasan pacu di mana pesawat telah terparkir, di lokasi tampak juga Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas. Menteri Agama kemudian menyalami Paus Fransiskus saat turun dari mobilnya. Mereka tampak terlihat berbincang hangat.

Paus Fransiskus yang kemudian melewati karpet merah yang telah disiapkan menuju pesawat. Sebelum naik Paus Fransiskus juga tampak menyalami sejumlah orang yang mengantarnya di antaranya Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmiko, Ketua Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI), Mgr Antonius Subianto Bunjamin. Paus Fransiskus juga menyalami dan memberkati petugas bandara, mereka mencium tangan Paus secara bergantian.

Setelahnya Paus Fransiskus naik ke Pesawat Garuda Indonesia, pesawat Garuda yang ditumpangi Paus Fransiskus kemudian bersiap lepas landas dari Bandara Soetta menuju Papua Nugini. Hari ini adalah hari terakhir Paus Fransiskus di Indonesia, Paus yang sebelumnya telah bertemu dengan Presiden Joko Widodo atau jokowi, kunjungan ke Gereja Katedral, ke Masjid Istiqlal hingga melakukan Misa Akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta.

Paus Fransiskus akan berada di Papua Nugini selama 6 hingga 9 September 2024, setelah itu Paus Fransiskus akan berkunjung ke Timor Leste pada 9 hingga 11 September 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *